Ciri-Ciri Telur Yang Rusak dan Jangan Dibeli - Resep Masakan Telur Ayam, Resep Olahan Telur, MakananTelur ceplok, Telur Sederhana, Tips Memasak

Ciri-Ciri Telur Yang Rusak dan Jangan Dibeli

Ciri-ciri telur yang rusak mudah dikenali dengan beberapa pengamatan. Seperti sumber protein hewani lainnya, telur juga mudah rusak meskipun jika dibanding dengan daging ataupun ikan telur dapat bertahan jauh lebih lama. Karena tampilan telur yang masih dalam kondisi baik dan sudah rusak hampir sama jika dilihat secara sekilas, hal ini membuat beberapa oknum pedagang yang tidak bertanggung jawab melakukan kecurangan dengan menjual telur yang sudah tak layak konsumsi. Untuk itu, sebelum membeli atau mengonsumsi telur, perhatikan dahulu dengan seksama kondisi telur supaya tidak salah pilih.

Daftar Ciri-Ciri Telur Yang Rusak
Untuk mengetahui apakah telur khususnya telur ayam masih baik atau tidak, terdapat beberapa ciri-ciri yang dimunculkan. Ciri-ciri telur yang tidak baik yang dapat diketahui dengan mudah antara lain:
1.      Bentuk telur cenderung bulat
Telur yang memiliki bentuk lonjong ternyata lebih baik dibanding dengan telur yang berbentuk bulat. Bentuk telur ini sangat berpengaruh pada kandungan kuning telur yang terdapat di dalam telur. telur berbentuk lonjong memiliki kuning telur yang jauh lebih besar atau lebih banyak. Sedangkan telur yang berbentuk bulat kandungan kuning telurnya lebih sedikit atau lebih kecil. Bagi konsumen yang memanfaatkan kuning telur saja misalnya produsen kue atau makanan lainnya, hindari pemilihan telur yang berbentuk bulat.
2.      Permukaan telur mengkilap
Telur yang tidak bagus atau kondisinya sudah hampir rusak juga dapat dilihat dari permukaan cangkang atau kulitnya. Sentuhlah permukaan cangkang dan rasakan teksturnya. Telur yang masih segar akan bertekstur sedikit kasar karena masih terdapat butiran-butiran putih. Pastikan pula tidak ada bagian cangkang atau kulit yang retak sedikitpun, telur yang sudah retak tidak dapat disimpan terlalu lama karena dapat membusuk lebih cepat. Permukaan cangkang yang halus dan terlihat mengkilap menandakan telur tersebut sudah tidak segar dan kemungkinan sudah rusak.
3.      Mengapung saat direndam ke dalam air
Ciri telur ayam rusak yang selanjutnya dapat dilihat dengan cara merendam telur pada air. Caranya sangat mudah yakni tinggal siapkan gelas atau mangkuk dan isi dengan air lalu masukkan telur. Jika posisi telur mengapung, dapat dipastikan telur tersebut sudah rusak. Apabila posisi melayang atau berada di tengah-tengah, artinya telur sudah agak lama namun masih bisa dikonsumsi. Sedangkan telur yang menyentuh dasar gelas atau mangkuk atau tenggelam mengindikasikan bahwa telur tersebut masih segar.
4.      Warna kuning telur memudar
Telur yang sudah tidak baik atau rusak juga dapat dilihat dari warna kuning telurnya. Caranya ialah pecahkan telur dan taruhlah pada piring atau mangkuk lalu lihat warna dan tekstur kuning telurnya. Kuning telur yang masih segar akan menunjukkan warna kuning cenderung tua dan teksturya sangat lengket dan pekat. Apabila warna kuning telur telah memudar dan menjadi encer, artinya telur tersebut sudah rawan rusak.
5.      Terdapat bintik noda saat diamati dengan cahaya lilin
Salah satu ciri-ciri telur ayam busuk dapat diketahui dengan cara meneropong telur dengan cahaya lilin atau lampu meja dengan bolam kuning. Telur yang sudah tidak baik akan menunjukkan kondisi yang tidak bersih melainkan terdapat bintik atau bercak noda di dalam telur. sedangkan telur yang masih baik terlihat bersih dan bebas dari bercak noda.
6.      Terdengar suara dan terasa gerakan saat dikosok lembut
Ciri yang selanjutnya dapat diketahui dengan mendekatkan telur pada telinga dan kocok atau guncang lembut. Jika telur menghasilkan suara dan terasa gerakan maka dapat dipastikan telur tersebut duah lama atau sudah tidak segar lagi. Telur yang segar dan kondisinya masih baik tidak akan menghasilkan suara maupun gerakan saat dikoyak.
7.      Tercium aroma tidak sedap bahkan busuk
Ciri ini sangat mudah dikenali yakni tercium bau busuk atau bau tidak sedap dari telur. bahkan telur yang sudah busuk bau menyengatnya akan tercium dari luar tanpa harus memecahkan telur.

Setelah mengetahui ciri-ciri telur yang rusak melalui penjelasan di atas, kini tak usah cemas lagi dalam mengonsumsi telur. asal disimpan dalam waktu yang pas dan tidak terlalu lama, telur masih dapat dikonsumsi secara aman.

About Us

RESEP MASAKANTELUR

Kami adalah Supplier Telur Ayam dengan skala besar, Siap memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]





Popular Posts

Hubungi Kami